Diberi Pangkat Jenderal Kehormatan, Ini Kata Prabowo !!

Diberi Pangkat Jenderal Kehormatan

Menteri pertahanan Prabowo Subianto sempat bercanda usai dianugrahi pangkat Jenderal TNI kehormatan oleh Presiden Joko Widodo dalam Rapat Pimpinan (rapim) TNI-Polri di Mabes TNI, Jakarta Timur, Rabu 28 Februari 2024. Diberi pangkat Jenderal Kehormatan, Prabowo pun bereaksi.

Momen itu terjadi setelah Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subianto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabow dan tiga kepala staf angkatan TNi meninjau alutsista yang digelar. Setelag selesai meninjau, Prabowo berpamitan kepada para pejabat itu. Sebelum menaiki mobilnya, ia sempat menanggapi pertanyaan para jurnalis.

“Kayaknya berat ya” kata Prabowo sembari menepuk dada kirinya. Ia lalu tertawa dan naik mobil untuk beranjak dari Mabes TNI.

Baca Juga : Pangkat Jenderal Kehormatan Prabowo, Ini Alasann Jokowi !!

Pangkat Jendral Kehormatan

Sebelumnya, Presiden Jokowi resmi menganugerahkan pangkat berupa Jenderal TNI kehormatan kepada Prabowo. Pemberian pangkat itu didasari Keppres Nomor 13/TNI/Tahun 2024 tanggal 21 Februari 2024 tentang Penganugerahan Pangkat secara Istimewa berupa Jenderal TNI Kehormatan.

Jokowi mengatakan pada 2022, Prabowo sudah menerima anugerah Bintang Yudha Dharma Utama> Anugerah tersebut diberikan atas jasa Prabowo dibilang pertahanan. Jokowi menyebut pemberian anugerah tersebut itu telah melalui verifikasi dari Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan. Berdasarkan anugerah itu, Panglima TNI lalu mengusulkan agar Prabowo diberi kenaikan pangkat secara Istimewa.

“Jadi semuanya memang sudah berangkat dari bawah. Berdasarkan usulan Panglima TNI saya menyetujui untuk memberikan kenaikan pangkat secara istimewa berupa Jenderal TNI Kehormatan.”kata Jokowi

Prabowo merupakan lulusan Akademi militer tahun 1974. Ia juga sudah banyak menduduki sejumlah jabatan top di ABRI. Bahkan ia pernah menjabat sebagau Dajen Koppasus hingga Panglima komando Cadangan Stategis (Panhkostrad)

Prabowi pernah menjadi pemimpin misi pembebasan sadera di Mapenduma, Papua guna membebaskan para neliti dari Ekspedisi Lorentz 95 dari berbagai negara pada 1995 silam. Pangkat terakhir Prabowo saat pensiun dari ABRI adalah Letnan Jenderal. Setelah itu Prabowo terjun ke dunia politil bersama Golkar lalu kini Partai Gerindra. Dan saat ini menjadi calon Presiden nomor urut dua di Pilpres 2024.

error: Content is protected !!