Saham Unilever Anjlok, Imbas Seruan Boikot Produk Israel

Saham Unilever Anjlok, Imbas Seruan Boikot Produk Israel

Saham Unilever Anjlok, Imbas Seruan Boikot Produk Israel. Saham Unilever Anjlok, Imbas Seruan Boikot Produk Israel akibat dari perang dengan palestina di jalur Gaza.

Hal itu di latarbelakangi terhadap produk yang dianggap terafiliasi dengan Israel. Salah satunya yang terdampak yaitu PT Unilever Indonesia Tbk. (UNVR).

Dilihat dari data RTI Business saham UNVR stag berada di level Rp3.480 terpantau di tanggal 15 November 2023. Dengan penurunan sebesar 1,42%.

Bahkan dalam kurun waktu satu minggu saja sudah turun 3,33% sedangkan di dalam satu bulan terakhir terpantau anjlok 8,90%. Hal ini mengalami penurunan terjadi pada bulan Oktober hingga sampai saat ini di bulan November.

Impact dari seruan boikot produk Israel juga dirasakan oleh PT Sarimelati Kencana Tbk. (PZZA) dan PT MAP Boga Adiperkasa Tbk (MAPB). Keduanya mengalami pelemahan hingga terjun bebas di zona merah dalam kurun waktu satu minggu terakhir.

Terdapat produk yang dicurigai terafiliasi dengan Israel baik itu dari produk kosmetik, makanan dan minuman. hingga produk lain mulai dari produk teknologi hingga fashion.

Beberapa diantaranya yaitu Estee Lauder, Kimberly-Clark, L’Oreal, Revlon, Lifebuoy, Pepsodent, Clear, Dove, Glow & Lovely, Buavita. Serta masih ada lagi produk lain yang di boikot seperti Motorola, Intel, IBM, AOL, META dan M&S, Timberland, River Island, Delta.

Selain itu terdapat juga himbauan yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam mendukung dan memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Dalam Fatwa MUI No 28/2023 untuk mengharamkan dalam penggunakaan produk yang terafiliasi oleh Israel.

Hal ini merupakan inisiatif yang menolak keras atas pelanggaran yang terjadi di Palestina yang dilakukan oleh Israel.

error: Content is protected !!