Pesawat Super Tucano TNI AU Jatuh Bernilai Rp 85 Miliar

Pesawat Super Tucano TNI AU Jatuh Bernilai Rp 85 Miliar

Pesawat Super Tucano TNI AU Jatuh Bernilai Rp 85 Miliar. Pesawat Super Tucano TNI AU Jatuh di Tengger Semeru. Tepatnya di Taman Nasional Bromo pada hari kamis 16 November 2023 siang.

Hal ini pun dibenarkan oleh (Kapuspen) TNI Laksma Julius Widjojono. Bahwa Pesawat mengalami hilang kontak dalam menjalankan misi Profisiensi Formation Flight (PFF).

Pesawat tersebut mulai terbang dari Skadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh. Pada pukul 10.51 WIB hingga dinyatakan hilang kontak pada pukul 11.18 WIB.

Menurut keterangan dari warga setempat. Lokasi jatuh nya pesawat TNI AU yang berjenis EMB 314 Super Tucano jatuh di lereng pegunungan. Pesawat tersebut jatuh di areal perkebunan kentang warga pada ketinggian 1500. Mdpl yang sulit dijangkau dengan kendaraan.

Pesawat yang di beli oleh pemerintahan Indonesia pada 2012 tersebut bernilai 143 juta USD atau sekitar Rp. 1,36 triliun yang dibeli sebanyak 16 unit dari negara Brazil. Dan untuk 1 unitnya dibandrol berkisar Rp 85 miliar rupiah.

Super Tucano EMB-314 milik TNI AU ini merupakan pesawat yang memiliki kemampuan anti perang gerilya. Desain nya apik sangat cocok bagi TNI untuk misi pengintaian, penumpasan pemberontak, close air support, serta masih banyak lagi kemampuannya.

Memiliki dua versi tipe, untuk kursi tunggal (A-29 ALX) dan kursi ganda (AT-29B). Kedua versi tersebut digunakan sebagai pesawat latih lanjut milik TNI.

Dengan fungsi peran dan tugas dengan kemampuan COIN (Counter Insurgensi) multi role untuk serangan permukaan ke permukaan. Dan kemampuan bermanuver yang lincah di parameter gravitasi maksimal +7g dan -3.5g.

error: Content is protected !!