Sosok Mbah Melan Yang Menjadi Inspiratif Bagi Banyak Orang

Sosok Mbah Melan Yang Menjadi Inspiratif Bagi Banyak Orang

Kisah inspiratif ini datang dari seorang pensiunan guru di Purworejo. Dialah Achmad Melan atau akrab disapa Mbah Melan. Di usia 78 tahun, Mbah Melan terlihat aktif mengajar matematika melalui live TikTok. Antusiasme Mbah Melan dalam mengajar banyak mendapat pujian dari warganet.

Ia juga menunjukkan totalitas pengajarannya kepada calon mahasiswa yang ingin masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Diakui Mbah Melan, pengikutnya banyak yang merupakan pejuang Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK).

Iya, ada yang bilang nilainya bagus, ada yang mendapat nilai 80, 90, bahkan ada yang mendapat nilai 100. Bahkan ada yang bilang bisa lulus tes masuk UGM karena ilmu saya. Lalu sebagai ucapan terima kasih, ada yang kirim kacamata, baju batik, buku soal. Ada juga yang transfer. Lalu ada juga yang mau mengirimkan spidol dan papan tulis, jelasnya.

Dikutip dari detik.com, tak tanggung-tanggung, untuk memaksimalkan pengajaran ia menyulap ruang tamunya menjadi ruang kelas untuk mengajar murid-muridnya secara online. Di sana terlihat tiga buah papan tulis yang digunakan Mbah Melan untuk menjelaskan materi.

Sudah memiliki 600 ribu pengikut di Tiktok

Awalnya kakek 14 cucu ini satu per satu mengunggah video. Namun karena merasa repot mengeditnya, akhirnya anak-anak mereka menyarankan untuk live.

Terus akhirnya anak-anak ditantang hidup, berani atau tidak. Ya saya jawab berani, siapa takut, kata Mbah Melan. Mbah Melan juga dibantu oleh anak bungsunya dalam mengembangkan akun TikTok. Satu per satu penonton yang ingin belajar mengikuti akunnya.

Awalnya yang nonton hanya sedikit, tapi lama kelamaan banyak, sekarang ribuan, semua kalangan ikut ambil bagian, mulai dari anak SD, SMP, SMA, guru muda, ibu-ibu. juga, bahkan dosen. Ya, dari Jawa, luar Jawa, seluruh Indonesia, luar negeri juga, jelasnya.

Berkat konsistensinya, Mbah Melan kini memiliki lebih dari 600 ribu pengikut. Sampai-sampai terpikir olehnya untuk membuka tempat bimbingan belajar, meski pada akhirnya ia menyerah.

Bagi detikers yang ingin merasakan diajar oleh Mbah Melan, biasanya ia melakukan live di TikTok hampir setiap hari. Kelas dibagi menjadi dua sesi yaitu pukul 16.00-17.30 WIB dan 19.30-21.00 WIB.

Baca Juga : Kisah Jamaah Haji Yang Memakai Topi Keroppi

error: Content is protected !!