Negara Myanmar Produsen Opium Terbesar di Asia Bahkan Dunia

Negara Myanmar Produsen Opium Terbesar di Asia Bahkan Dunia

Menurut data dan fakta Negara Myanmar adalah penghasil sekaligus produsen opium terbesar di Asia bahkan dunia. Data tersebut diambil dari Kantor PBB dan UNODC bahwa negara Myanmar produsen Opium terbesar di Asia bahkan Dunia sebesar 1.080 metrik ton opium. Seperti diketahui Opium menjadi salah satu bahan penting dalam memproduksi heroin.

Diketahui negara Myanmar memproduksi Opium pada periode 2022-2023 merupakan hasil produksi tertinggi selama lebih dari 20 tahun. Hak itu juga diambil dari data laporan terbaru yang menjadikan Myanmar penghasil opium mengalahkan Afghanistan. Adanya peningkatan investasi di negara Myanmar menjadikan budidaya opium jauh lebih baik dengan hasil produksi yang memuaskan.

Baca juga : Presiden Jokowi Instruksikan Anggaran 2023 Minimal 95 Persen

Di daerah Myanmar tepatnya di Shan bagian utara merupakan penyumbang opium terbanyak sekitar 88 persen dari 41.300 hektare. Dengan perkiraan peningkatan rata-rata 19,8 kilogram meningkat 29,4 kilogram pada tahun 2023. Myanmar juga memperluas penanaman opium di bagian Kachin utara perbatasan Myanmar dan India. Hal itu semata -mata untuk memaksimalkan produksi opium di tahun 2023.

Tanaman opium juga meningkatkan Perekonomian negara Myanmar dengan Perkiraan sebesar $1 miliar hingga $2,4 miliar dari PDB pada tahun 2022. Akan tetapi dibalik meningkatnya pendapatan negara Myanmar, terdapat juga dampak negatif yang menghantui akibat dari tanaman Opium. Terdapat akses pasar dan infrastruktur negara yang buruk serta inflasi menyebabkan negara Myanmar memproduksi Opium.

error: Content is protected !!