Viral di Media Sosial Lutung Jawa Mengepung Jembatan

Viral di Media Sosial Lutung Jawa Mengepung Jembatan

Viral di media sosial saat Lutung Jawa atau Budeng Lutung (Trachypithecus auratus) mengepung jembatan merah di Situ Gunung, Kabupaten Sukabumi. Primata endemik Jawa ini tampak asyik bergelantungan di jembatan.

Dilansir dari travel.detik.com, video tersebut pertama kali diunggah oleh akun Tiktok @bowjinarre. Video tersebut diunggahnya pada Selasa (4/6/2024) dan menyedot perhatian netizen dengan mendapatkan lebih dari 9.811 likes dengan 688 komentar.

Tanggapan Kepala Resor Terkait Video Viral

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Situ Gunung, Asep Suganda membenarkan, video tersebut diambil di kawasan wisata Lembah Purba Situ Gunung. Menurut dia, kawanan Lutung Jawa merayakannya karena pohon rambutan di hutan itu sedang memasuki masa panen.

Kawanan Lutung Jawa ini sedang berpesta riang karena di sebelah jembatan merah ada sejenis pohon yang sedang berbuah bernama Saninten (castanopsis Sp). Mereka menjadikan jembatan merah ini sebagai tempat penyeberangan. Selain itu, saat sepi mereka sering bercanda di jembatan merah, kata Asep.

Katanya pohon Saninten merupakan makanan kesukaan Lutung Jawa. Asep membantah tudingan adanya gangguan habitat lutung. Menariknya, selama ini populasi lutung jawa semakin meningkat bahkan belum terhabituasi, artinya tidak terlalu berdampak pada jumlah pengunjung, ujarnya.

Primata berwarna hitam ekor panjang ini mempunyai status konservasi sebagai Vulnerable (VU) atau rentan menurut IUCN (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources).

Artinya, status konservasi diberikan kepada spesies yang berisiko mengalami kepunahan di alam liar di kemudian hari. Sementara itu, CITES memasukkan untuk Lutung Jawa masuk ke dalam Appendix II. Yaitu daftar spesies hewan yang tidak terancam punah, namun mungkin terancam punah jika perdagangan terus berlanjut tanpa adanya regulasi.

Pemerintah Indonesia melindungi primata jenis ini berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan No. 733/Kpts-II/1999. Asep mengatakan, populasi Lutung Jawa di Situ Gunung dalam kondisi baik.

Kondisinya tidak terganggu dan berkembang biak dengan baik serta ciri-ciri alaminya tetap terjaga. Bila ada pengunjung mereka menghindarinya, maka salah satu upaya kita untuk memastikan tidak ada perubahan perilakunya adalah dengan melarang pengunjung memberikan makanan kepada hewan tersebut. dia melanjutkan. .

Di Situ Gunung terdapat delapan titik dengan 16 kelompok dengan rata-rata 14-16 ekor Lutung Jawa per kelompok. Diperkirakanq populasi Lutung Jawa di Situ Gunung diperkirakan mencapai 200-300 ekor.

Baca Juga : Plaza Indonesia Konfirmasi Terkait Video Viral Aniaya Anjing

error: Content is protected !!