Portal Wisata Waduk Sermo di DIY Viral

Portal Wisata Waduk Sermo di DIY Viral

Waduk Sermo, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) belakangan ramai diperbincangkan warganet. Bukan karena pariwisatanya, melainkan karena adanya gerbang portal yang kerap menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Beberapa kali portal yang dipasang di pintu masuk Bendungan Sermo ini memakan korban jiwa, khususnya pengendara sepeda motor. Bahkan, video sepeda motor menabrak portal viral di media sosial.

Sejumlah akun Instagram seperti @potretkulonprogo, @kotawates, @panoramakulonprogo, dan @kulonprogobinangun_ ramai membagikan video sepeda motor yang menabrak portal pada Senin (17/6/2024). Di akun @kulonprogobinangun, video ini ditonton sebanyak 179 ribu kali. Sementara di akun @kotawates, jumlah penontonnya mencapai 514 ribu kali.

Dikutip dari detik.com, pengawas Bendungan Sermo, Novika Prabowo membenarkan kejadian viral tersebut. Dijelaskannya, kejadian ini terjadi pada Senin (17/6) pagi. Kebetulan saya tidak memantau langsung. Saya hanya mendapat laporan kejadian itu. Kejadiannya Senin pagi gan, saat ada acara salat Idul Adha, kata Novika.

Novika mengungkapkan, kejadian seperti itu bukanlah yang pertama. Pihaknya mendapat sejumlah laporan terkait kejadian serupa di lokasi yang sama. Rangkaian peristiwa ini terjadi saat portal masih berwarna hitam putih. Oleh karena itu pihak manajemen mengganti warna menjadi hitam kuning dengan harapan pengendara lebih waspada, namun ternyata upaya tersebut tidak membuahkan hasil.

Jalur Tersebut Akan Ditutup Secara Permanen

Oleh karena itu, Novika mengatakan jalur di Waduk Sermo akan ditutup permanen dan akan ditambah papan pengumuman baru. Pihaknya juga mengimbau pengunjung untuk lebih berhati-hati dan memperhatikan rambu-rambu yang dipasang di sekitar lokasi, agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

Iya, kami hanya menghimbau kepada setiap pengunjung dan pengendara untuk lebih memperhatikan rambu-rambu yang ada, agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali, ujarnya.

Sebagai informasi, portal bendungan Waduk Sermo baru dipasang dua tahun terakhir. Portal ini digunakan untuk menutup akses kendaraan yang hendak masuk ke Waduk Sermo melalui kawasan bendungan, karena aksesnya dipindahkan melalui jalan baru.

Pengoperasian portal bendungan Waduk sendiri menggunakan sistem buka tutup sesuai jam yang berlaku yang sudah di terapkan. Portal ini hanya dibuka pada pukul 18.00-07.00 WIB, dan ditutup pada pukul 07.00-18.00 WIB.

Baca Juga : Pria Viral Unggah Aktivitasnya Berjualan Sayur di Pasar

error: Content is protected !!