Menuju Olimpiade Paris 2024, Guinea Panggil Eks Barcelona

Menuju Olimpiade Paris 2024, Guinea Panggil Eks Barcelona

Timnas U-23 Guinea dikabarkan mendapat empat amunisi tambahan dalam agenda play-off Olimpiade AFC-CAF melawan Indonesia. Salah satu amunisi tambahannya adalah eks Barcelona, ​​​​Ilaix Moriba. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh akun resmi X yang membahas tentang timnas Guinea, Joueurs Guineens. Dalam postingan Joueurs Guineens disebutkan ada penambahan empat pemain baru, termasuk eks Barcelona, ​​​​Ilaix Moriba.

Menurut yoursay.suara.com, selain Ilaix Moriba, ada Saidou Sow , Facinet Conte, dan Ibrahim Diakite. Keempat pemain tersebut merupakan pemain yang dipromosikan ke timnas senior Guinea. Namun karena keempat pemain tersebut masih berusia di bawah 23 tahun, mereka bisa membantu timnas Guinea U-23 menghadapi Indonesia.

Dari keempat pemain tersebut, nama Ilaix Moriba tentu menjadi sorotan. Pasalnya, Moriba yang saat ini bermain untuk Getafe dengan status pemain pinjaman dari RB Leipzig merupakan mantan pemain Barcelona. Ya, Moriba menimba ilmu di akademi Barcelona, ​​La Masia. Berdasarkan data Transfermarket, ia bergabung dengan Barcelona pada 2010 dan pada saat itu ia masih berusia tujuh tahun.

Catatan Karir Yang Dimiliki Ilaix Moriba

Moriba tiba di Barcelona dari Espanyol pada tahun 2010. Ia dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di generasinya, dan ia sangat sering bermain di kategori pemain yang jauh lebih tua darinya. Moriba benar-benar menonjol di usia 15 tahun saat ia mencetak hat-trick ke gawang Real Madrid U19. Pencapaiannya yang paling menonjol adalah gol terakhirnya, dimana ia mencetak gol dari tengah lapangan di awal babak kedua. Pada Januari 2019, ketika kontrak mudanya akan segera berakhir, klub seperti Manchester City mencoba mengontraknya.

Ilaix Moriba menjalani debutnya bersama tim utama Barcelona saat Barca menang 2-0 atas UE Cornella di babak ketiga Copa del Rey musim 2020-2021. Tercatat Moriba sudah tampil dalam 18 pertandingan bersama Barcelona dengan mencatatkan satu gol dan tiga assist. Sayangnya, karier Moriba di tim utama Barcelona tidak bertahan lama. Moriba dilepas Barcelona ke RB Leipzig pada musim panas 2021.

Di RB Leipzig, Moriba juga jarang tampil. Sejauh ini, Moriba baru tampil enam kali di semua kompetisi. Sebab, Leipzig kerap meminjamkan Moriba ke klub lain, seperti Valencia (2021-2023), dan yang terbaru Getafe. Di Getafe musim ini, Moriba sudah mencatatkan 11 penampilan di LaLiga dan mencatatkan dua assist.

Baca Juga : Uzbekistan Kalah Di Final Saat Melawan Jepang

error: Content is protected !!