Cara Mengobati Gusi Yang Bengkak

Cara Mengobati Gusi Yang Bengkak

Cara mengobati gusi bengkak umumnya disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari infeksi bakteri atau virus, paparan hingga menimbulkan memar dan bisa juga akibat luka dan sariawan di mulut. Gusi yang bengkak umumnya mengalami peradangan hingga membesar dan menimbulkan rasa nyeri.

Gusi bengkak sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya dalam hitungan hari atau minggu. Namun umumnya orang akan mempercepat penyembuhan gusi bengkak karena akan merasa tidak nyaman saat makan atau minum sesuatu. Berikut 3 pengobatan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkak.

3 Bahan Alami Yang Mampu Atasi Gusi Bengkak

1.Air Garam

Air garam merupakan cara paling sederhana untuk mengobati gusi bengkak. Mengutip artikel berjudul “Pengobatan Rumahan Gusi Bengkak”, senyawa anti bakteri yang terkandung dalam garam natrium dipercaya ampuh mengatasi gusi bengkak, terutama yang disebabkan oleh penumpukan bakteri sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan baik.

Menurut yoursay.suara.com, cara menggunakan obat kumur air garam ini cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok makan garam ke dalam segelas air hangat atau sekitar 250 ml air hangat

Kemudian, aduk hingga larutan tercampur. Kemudian berkumurlah menggunakan larutan tersebut selama kurang lebih 3-5 menit. Lakukan ini setidaknya 2-3 kali sehari.

  1. Air Rebusan Daun Jambu Biji

Daun jambu biji dikenal sebagai obat herbal yang dapat digunakan untuk berbagai macam penyakit

Mengadaptasi artikel berjudul “Dasar Masalah Gusi Sakit, Bengkak dan Berdarah”, air rebusan daun jambu biji sangat bermanfaat untuk membersihkan sisa bakteri di mulut yang dapat menyebabkan radang gusi yang memicu pembengkakan gusi.

Cara penggunaan obat tradisional ini cukup sederhana. Anda bisa merebus 2-3 lembar daun jambu biji segar dalam 3 gelas air. Kemudian, rebus larutan tersebut hingga airnya tersisa sekitar 1 gelas. Berkumurlah dengan larutan ini minimal 1-2 kali sehari untuk mengobati radang gusi.

  1. Kunyit

Kunyit juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi gusi bengkak. Melansir dari laman halodoc.com, senyawa anti oksidan yang terkandung dalam kunyit mampu membantu menyembuhkan radang gusi.

Caranya, Anda hanya perlu merebus beberapa biji kunyit yang sudah dikupas dan dipotong-potong. Lalu berkumurlah dengan air rebusan kunyit selama 2-4 menit.

Baca Juga : Tim Nasional Sepak Bola Indonesia U-23 Kalahkan Korsel

error: Content is protected !!