Cara Tukar Uang Baru Online Untuk Angpao Lebaran

Tukar Uang Baru Online

Bank Indonesia (BI) kembali membuka layanan penukaran uang baru melalui kas keliling jelang Lebaran tahun ini. Begini cara tukar uang baru online untuk Angpao Lebaran.

Penukaran uang baru untuk lebaran tersedia di 4.264 titik sejak 15 maret 2024 hingga 7 April 2024. Masyarakat bisa menukar paket uang baru via BI senilai maksimal Rp.4 juta perorang atau meningkat Rp.200 ribu dari tahun lalu senilai Rp.3,8 juta.

Baca Juga : Siapa Paling kena Dampak PPN Naik 12 persen Tahun Depan?

Pendaftaran untuk penukaran uang baru melalui kas keliling dilakukan secara online melalui situs PINTAR BI. Deputi Gubernur BI Doni P Joewono mengungkapkan pihaknya melakukan modernisasi armada kas keliling. Dalam hal ini, bank sentral menambahkan fitur digitalisasi penukaran melalui QR Code pada aplikasi PINTAR untuk mempermudah masyarakat dalam menukar uang baru.

“BI juga menyediakan opsi layanan penukaran uang rupiah melalui layanan kas keliling dilokasi-lokasi strategis. seperti pasar tradisional dan modern, serta kas keliling susur sungai dibeberapa wilayah” tulisnya dalam keterangan resmi.

Khusus daerah DKI Jakarta, BI bersama perbankan akan menyediakan layanan penukaran terpadu di Istora Senayan. Layanan ini akan digelar pada 28-31 Maret 2024. Untuk daerah lain, lokasi penukaran uang juga akan digelar ditempat strategis, seperti stadion dan alun-alun kota.

Selanjutnya, Bank Indonesia juga akan menambahkan lokasi layanan penukaran dijalur mudik melalui program BI Peduli Mudik pada 2-5 April 2024. Dalam hal ini, layanan akan dibuka di rest area jalan tol dan hub transportasi, seperti pelabuhan dan stasiun kereta.

Berikut cara menukar uang baru Bank Indonesia secara Online :

  1. Buka situs PINTAR di pintar.bi.go.id
  2. Klik menu ‘Penukaran uang rupiah melalui kas keliling’
  3. Pilih provinsi untuk mencari tempat penukaran uang, lalu klik ‘Lihat Lokasi’
  4. Akan muncul daftar lokasi penukaran uang, alamat hingga jam oprasional. Pilih salah satu lokasi dan klik opsi ‘Pilih’ berwarna hijau.
  5. Isi data pemesanan dengan memasukkan NIK dan nama lengkap sesuai KTP. Kamu juga akan diminta mengisi nomor telepon dan alamat email.
  6. Setelah itu, pilih jumlah lembar/keping uang rupiah yang akan ditukarkan melalui kas keliling, sesuai dengan peraturan jumlah dan jenis pecahan dari BI
  7. Lakukan pemesanan dan kamu akan memperoleh bukti pemesanan
  8. Datang ke lokasi penukaran yang dipilih dengan membawa uang yang ingin ditukar serta tunjukkan bukti pemesanan.
error: Content is protected !!