Viral Mahasiswa ITB Bisa Bayar Uang Kuliah Lewat Pinjol

Uang Kuliah Lewat Pinjol

Viral tentang kebijakan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang menyediakan skema pembayaran cicilan uang kuliah. Mahasiswa ITB kini bisa bayar Uang Kuliah Lewat Pinjol. Pihak kampus menjelaskan soal pembayaran cicilan uang kuliah ini.

Viral Di X atau Twitter

Dilansir dari Kompas.com, jagat media sosial X atau Twitter dihebohkan oleh unggahan sejumlah akun yang menyebut ITB bekerja sama dengan pinjol agar mahasiswa bisa mencicil yang kuliah 6-12 kali.

Disebutkan ITB telah melakukan kerja sama dengan pihak ketiga yaitu DanaCita. Pada poster juga tercantum pengajuan cicilan dilakukan tanpa Down payment dan tanpa jaminan apa pun.

Baca Juga : Viral iPhone 13Pro Jadi Syarat kerja Disperakraf DKI Jakarta

Pihak ITB Membenarkan Hal Tersebut

Dalam keterangan tertulis yang diberikan Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB, Naomi Haswanto menjelaskan perihal pembayaran uang keliah dengan cara dicicil.

Naomi menjelaskan, pada Pasal 9 ayat (1) Perkemndikbud Nomor 25 tahun 2020, Mahasiswa wajib membayar uang kuliah tunggal (UKT) secara penuh pada setiap semester. Kewajiban ini mengikat mahasiswa dan wajib ditunaikan oleh seorang mahasiswa.

Mahasiswa yang diterima melalui jalur SNBP atau SNBT memiliki tanggung jawab membayar UKT. Ada 5 kategori UKT yaitu UKT 1 (Rp.0) dan yang paling tinggi UKT 5. Dan untuk yang masuk lewat Seleskasi Mandiri bertanggung jawab membiayai pendidikan secara penuh.

Untuk cara pembayaran, ITB menawarkan banyak pilihan yang dilayani oleh berbagai bank. Mulai dari layanan virtual account maupun kartu kredit. Hingga lewat lembaga nonbank khusus pendidikan yang sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Khusus mahasiswa yang mengalami kendala pembayaran uang UKT. Pihak ITB melalui Direktorat Kemahasiswaan ITB menyediakan prosedur pengajuan keringanan UKT dan cicilan UKT pada setiap semester bagi mahasiswa” Kata Naomi

ITB bukan menjadi kampus pertama yang menggunakan metode pembayaran ini. Sudah banyak PTN yang bekerja sama dengan pihak DanaCita. Salah satunya adalah Fakultas Ekonomi & Bisnis UGM yang sudah menjalankan kerjasama tersebut dari agustus 2022.

error: Content is protected !!